12 Kunci Sukses Mendisiplinkan Balita




1.      Jangan berteriak penuh kemarahan kepada anak.
2.      Berbicaralah dengan lembah lembut dan penuh kasih sayang kepada anak. Disiplin dan peraturan harus diterapkan, namun jelaskan dan beritahukan kepada anak dengan bahasa, sikap dan gesture yang mudah dimengerti.
3.      Anak yang melanggar peraturan harus diberikan penjelasan atas konsekuensi yang akan diperolehnya bila ia melanggar.
4.      Saat anak melakukan pelanggaran, jangan menjadi emosi dan larut di dalam kemarahan. Jangan biarkan hati kita dibakar kemarahan, rasa stress, ataupun frustrasi karena anak melanggar peraturan yang telah kita tetapkan.
5.      Terapkan disiplin kepada anak sesuai dengan usianya.

7.      Buatlah lingkungan mendukung penerapan didiplin yang Anda buat. Pilih medan tempur Anda satu persatu dan lakukan dengan konsisten.
8.      Bila telah menentukan disiplin yang mana yang Anda ingin terapkan, laksanakan secara konsisten dan harus dilakukan hingga berhasil.
9.      Menangani masalah disiplin berarti menangani masalah sikap dan kebiasaan, bukan fikiran ataupun moral balita kita.
10.  Jangan sekali-kali menggunakan kekerasan untuk menangani masalah disiplin anak
11.  Buka diri terhadap saran dan ide dari para ahli tumbuh kembang anak.
12.  Jangan larut di dalam peraturan dan disiplin yang Anda terapkan. Buatlah hari-hari Anda bersama keluarga menjadi hari-hari yang menyenangkan dan berarti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar